Kawah Talaga Bodas Garut



Kawah Talaga Bodas adalah wisata alam kawah putih yang terdapat di Kabupaten Garut, tepatnya di Desa Sukamenak, Kecamatan Wanaraja, Garut Jawa Barat Indonesia. Jarak tempuh dari Garut hanya sekitar 20 km. Kawah Talaga Bodas posisinya berada di ketinggian 1.512 meter dia atas permukaan laut. Kondisi lahan di sini umumnya berbukit-bukit dengan tingkat kemiringan yang curam. Kawahnya sendiri berbentuk seperti danau dengan air yang berwarna putih.
Ini mengingatkan akan panorama yang terdapat di Kawah Putih dimana hampir seluruh kawasan kawah dipenuhi dengan warna putih. Kepulan asap yang membumbung tinggi semakin mempercantik suasana kawah. Stabilitas tanah dan daya serap air kawasan ini tergolong sedang. Jenis material tanah adalah tanah cadas berbatu. Kondisi lingkungan Kawah Talaga Bodas cukup baik dengan kebersihan dan bentang alam yang tergolong baik, terbukti dari tidak terdapatnya pencemaran air, tanah, udara dan sampah, hanya saja masih terdapat vandalisme yang dilakukan oleh pengunjung.
Akses menuju Kawah Telaga bodas jalan raya yang cukup bagus, walaupun masih banyak jalan yang rusak. Untuk mencapai lokasi ini dapat menggunakan alat transportasi yang melewati jalan akses berupa angkutan kota dengan trayek: Garut- Cibatu, Garut- Cikelet, terminal Guntur- Sukawening, dan jalur terminal Guntur Perumnas Cempaka Indah, atau dapat juga mempergunakan alat transportasi tradisional berupa delman dan ojek di ujung masuk jalan akses. Para pengunjung umumnya mencapai lokasi dengan menggunakan kendaraan roda dua ( motor).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.